TANGRAM

TANGRAM

 

Dedi Yansen, Eko Septiansyah Putra, Harisman Nizar

Program Studi Megister Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya

 

PENDAHULUAN

Tangram adalah permainan puzzle tertua yang tercatat dalam sejarah. Tangram berasal dari China. Menurut salah satu cerita, ada seorang tukang keramik yang diperintah oleh Kaisar untuk membuat motif lantai istana kaisar. Karena pusing menentukan motif yang cocok, akhirnya dia membuat tangram tersebut. Dari tangram dia bisa membuat berbagai macam motif.  Gambar di bawah memperlihatkan sebagian dari berbagai macam motif tersebut.

tangram-33

Gambar 1. Motif Tangram

Awal mula tangram ditemukan dan siapa penemunya tidak tercatat dalam sejarah China. Buku pertama yang mencatat tentang tangram dipublikasikan di China pada tahun 1813, namun saat itu tangram sudah dianggap permainan kuno. Menurut cerita, tangram merupakan teka-teki yang sering dimainkan oleh orang-orang Tanka yang hidup di atas kapal-kapal dagang Cina di pelabuhan-pelabuhan Cina sekitar 4000 tahun yang lalu. Orang-orang Tanka berdagang dengan kapal-kapal asing. Kemungkinan nama tangram diambil dari tanka game. Satu alasan yang bisa diberikan mengapa Tangram diyakini sebagai permainan yang berasal dari China walaupun buktinya kurang kuat adalah kemungkinan bahwa tangram merupakan permainan wanita dan anak-anak pada saat itu, sehingga pembelajaran yang mendalam tentang tangram dianggap sia-sia pada jamannya.

Tangram mulai dikenal di Eropa & Amerika pada awal abad ke 19, yang mestinya karena tali perdagangan dengan China yang meningkat. Ada beberapa orang yang  mencari berapa banyak bentuk convex (cembung) yang bisa dibentuk dari keping-keping tangram tersebut.  Fu Traing Wang dan Chuan-Chih Hsiung membuktikan bahwa jawabannya adalah 13 (tiga belas). “Bentuk convex itu digambarkan sebagai berikut: bila ada suatu gambar di kertas dan Anda menggambar dua titik di dalam gambar tersebut (lokasi titik boleh di mana saja, asal masih di dalam gambar), lalu menarik garis lurus antara dua titik tersebut, jika ternyata garis tersebut selalu berada di dalam gambar, maka gambar tersebut adalah convex.

Tangram yang dulunya hanya permainan kini banyak digunakan sekolah-sekolah dasar untuk membantu proses belajar. Bahkan satu sekolah dasar di Amerika mengunakan tangram sebagai alat pemersatu murid-murid sekolah yang datang dari berbagai suku dan bangsa.

  

PEMBAHASAN

Pengrtian Tangram

Tangram ialah permainan yangg paling tua yangg dikenal dalaam matematika. Tangram berasal dari bahasa mandariin ‘qi qiao ban’ sedangkan secara harfiah berarti 7 papan keterampilan yaitu suatu puzzle yang terdiri dari  tujuh keping bangun datar disebut tans. Tangram ialah salah satu jenis puzzle yang paling populer di dunia.

Tujuan dari permainan tangram ialah untuk menyusun ke tujuh keping itu menjadi suatu bentuk-bentuk misalnya imajinasi kita, bisa menyerupai binatang, benda di sekitar atau apa saja yang dapat kita pikirkan. Permainan ini diciptakan di China tanpa diketahui kapan tepatnya dan kemudian dibawa ke Eropa oleh kapal-kapal dagang pada permulaan abad ke-19.

Menurut teori, mereka yang menggunakan otak kiri, cenderung berfokus pada pemikiran logis, analisa, dan ketepatan. Sedengkan otak kanan, cederung berfokus pada keindahan, perasaan, dan kreativitas. Karena Tangram menggunakan imajinasi dan analisa maka permainan ini dapat memacu pengalaman estetika dan mental sekaligus dengan lengkap. Mereka yang berpikir secara visual-spatial (otak kanan) akan mendapati bahwa permainan Tangram melatih kemampuan berpikir mereka secara logis. Sedangkan mereka berpikir secara analitis (otak kiri) akan mendapati bahwa permainan Tangram mengasah kemampuan mereka bekerja dengaan bentuk, warna, dan imajinasi.

 

Gambar 2. Applet Tangram

Konsep- konsep Geometri Pada Tangram

Berbagai bentuk tampak serupa atau berbeda dapat ditentukan berdasarkan susunan dari sifat-sifat geometrinya. Bentuk-bentuk tersebut dapat dipindahkan di suatu bidang atau ruang (transformasi). Transformasi adalah perubahan pada posisi atau ukuran bentuk. Perubahan-perubahan ini dapat dijabarkan dalam istilah translasi (pergeseran), refleksi (pembalikan), dan rotasi (perputaran) serta perkembangan awal dari simetri garis dan simetri putar.

Jika sebuah bentuk dapat dilipat pada suatu garis sehingga kedua bagiannya cocok, bentuk tersebut dikatakan mempunyai simetri garis yang artinya garis lipatan tersebut sebenarnya merupakan sebuah garis pencerminan bagian bentuk pada satu sisi garis di cerminkan ke sisi yangg lain. Itulah hubungan antara simteri garis dengan transformasi.

Sebuah bentuk memiliki simetri putar jika dapat diputar pada suatu titik dan berakhir pada posisi yang tepat cocok seperti posisi semula. Sebuah persegi mempunyai simetri putar sebagaimana halnya segitiga sama sisi. Sebuah persegi memiliki 4 simetri putar , sedangkan sebuah segitiga sama kaki memiliki 3 orde simetri putar, Jajaran genjang memiliki 2 orde simetri putar.

Bentuk-bentuk dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Kemampuan dalaam memahami dari berbagai sudut pandang membantu kita memahami hubungan antara bangun-bangun dua dimensi dengaan tiga dimensi dan mengubah posisi ukuran bentuk dalam hati.

Tangram memberikan kesempatan pada pemain segala usia, baik anak-anak maupun orang dewasa untuk menggunakan permainan ini sebagai alat peraga guna membentuk pengertian akan ide-ide geometri, juga mengembangkan kemampuan spasial. Mereka dapat menggerakkan kepingan-kepingan tangram untuk menyadari relasi bentuk geometri tiap keping, dan juga mempelajari mengenai pembalikan, pemindahan dan perputaran (refleksi, rotasi dan pemindahan posisi). Hal ini memberikan gambaran nyata bagi mereka yang orientasi belajarnya adalah melalui penglihatan (visual).

Dengaan memindahkan ketujuh kepingan yang ada, kita dapat menciptakan berbagai bentuk yang sangat banyak. Ini adalah awal mula atau dasar untuk mengerti akan luas dan garis keliling. Kongruensi, persamaan dan simetri juga dapat dipelajari menggunakan tangram. Kita bahkan juga dapat menggunakan tangram untuk menghitung luas tanpa menggunakan rumus.

Bentuk- bentuk Tangram

  1. Pancagram
Contoh bentuk imaginatif dari pancagram
  1. Tujuh Keping Ajaib
Contoh bentuk imaginatif dari tujuh keping ajaib

Tangram Inggris

  1. Tangram Inggris
Contoh bentuk imaginatif dari tangram Inggris

Tangram Inggris

  1. Tangram Jepang
Contoh bentuk imaginatif dari tangram Jepang

Tangram Inggris

  1. Tangram Lingkaran
  • Tangram Segilima
  • Tangram Bulat Telur

Kegunaan Tangram

Manfaat tangram dalaam pelajaran matematika yaitu untuk mengembangkan kreativitas, menguji keterampilan, daya pikir anak dan mengenalkan bentuk bidang datar kepadaa anak anak dan cocok digunakan sebagai media belajar.

Mengingat matematika ialah induk pengetahuan dan ternyata metematika hingga saat ini belum menjadi pelajaran yang di favoritkan. Memperhatikan permasalahan ini, sudah selayaknya dalaam pengajaran matematika dilakukan suatu inovasi dan tentunya anak-anak didik menjadi senang.

Dunia anak ialah dunia bermain yaitu dunia yangg penuh dengaan spontanitas dan menyenangkan. Sesuatu akan dilakukan oleh anak dengaan penuh semangat apabila terkait dengaan suasana yangg menyenangkan. Namun akan dibenci dan dijauhi oleh anak apabila suasananya tidak menyenangkan, selama ini proses pembelajaran khususnya paradigm yang lama dimana guru memberikan pengetahuan kepadaa anak dan anak menerimanya secara pasif. Pada tingkatan usia yangg lebih tua pun masih menyukai sisi permainan dalaam suatu pembelajaran. Matematika padaa pembahasan geometri merupakan salah satu materi yangg di anggap sulit oleh kalangan peserta didik.  Dengaan memanfaatkan tangram diharapkan peserta didik menjadi senang belajar matematika khususnya materi pelajaran geometri yangg dianggap siswa paling abstrak.

Para ahli berpendapat bahwa tangram bermanfaat dalaam berbagai hal, di antaranya:

  • Mengembangkan rasa suka terhadap geometri
  • Mampu membedakan berbagai bentuk
  • Mengembangkan perasaan intuitif terhadap bentuk-bentuk dan relasi-relasi geometri
  • Mengembangkan kemampuan rotasi spasial
  • Mengembangkan kemampuan pemakaian kata-kata yangg tepat untuk memanipulasi bentuk (misalnya ‘ membalik’, ‘memutar’, ‘menggeser’)
  • Mempelajari apa artinya ‘kongruen’ (bentuk yangg sama dan sebangun)

KESIMPULAN

Tangram ialah salah satu jenis puzzle yangg paling populer di dunia. Tangram ialah permainan yangg paling tua yangg dikenal dalaam matematika. Permainan ini diciptakan di China tanpa diketahui kapan tepatnya dan kemudian dibawa ke Eropa oleh kapal-kapal dagang padaa permulaan abad ke-19. Tujuan dari permainan tangram ialah untuk menyusun ke tujuh keping itu menjadi suatu bentuk-bentuk misalnya imajinasi kita, menyerupai binatang, benda di sekitar atau apa saja yang dapat kita pikirkan.

Imajinasi dan kreatifitas ialah dua hal yangg sangat diasah oleh permainan matematika ini. Permainan ini membuat ilmu geometri dapat dipahami dalam bentuk-bentuk yang sederhana dan mengasyikkan. Bentuk geometri yangg ada pada tangram diantaranya:

  • Dua segitiga siku-siku sama kaki (besar)
  • Dua segitiga siku-siku sama kaki (kecil)
  • Satu segitiga siku-siku sama kaki (sedang)
  • Satu persegi (kecil), dan
  • Satu jajaran genjang

DAFTAR RUJUKAN

https://p4mriaceh.wordpress.com/2010/11/02/tangram/

https://p4mriunsri.wordpress.com/2011/12/22/hatching-the-eggs/

https://p4mristkippelitabangsaselatpanjang.wordpress.com/2011/12/06/karakter-pembelajaran-abad-21-vs-pembelajaran-pmri/

http://www.omochatoys.com/index.php?option=com_content&view=article&id=425:tangram&catid=78:mainan-edukatif&Itemid=163

http://www.rumahpintarr.com/2016/10/makalah-permainan-tangram-yang.html

Bagi yang mau download dalam versi word bisa download di sini

 

 

A great WordPress.com site

Mastro ! :)

Master Trigonometry. Lets enjoy to learn about trigonometry and be a master trigonometry :)

Pembelajaran Inovatif PMRI

Blog Support Pemodelan & Pemecahan Masalah untuk Calon Guru

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: